Kamis, 19 Oktober 2017

Novel Baswedan Disiram AIr Keras

Berita Online Terkini - kasus kejahatan pada zaman sekarang kini sudah semakin beragam dan kerap kali terjadi. Contohnya kejahatan dengan menyiram air keras ke orang di jalan. Dan kali ini modus kejahatan seperti ini menimpa senior penyidik KPK, Novel Baswedan. Insiden ini berawal saat dirinya pulang solat subuh dari masjid.
Dengan insiden itu, Nobel dikabarkan menderita luka bakar ringanpada wajahnya dan sampai saat ini masih dirawat intensif di rumah sakit.

Menurut Dr. Gusti Nyoman Darmaputra, Air keras atau SpKK dari DNI Centre adalah istilah umum yang di gunakan untuk bahan kimia yang bersifat iritan kuat.

Air keras atau bisa disebut cairan asam merupakan bahan kimia yang sangat iritatif yang dapat merusak sel kulit atau bagian tubuh yang terkena cairan tersebut.

Bila kalian terkena cairan ini, langkah pertolongan pertama yang harus kalian lakukan sebagai berikut :

1. Usap dengan air yang mengalir

Menurut dr Darma langkah pertama yang harus dilakukan adalah harus segera membasuh area yang terkena air keras dengan air mengalir. 

Tujuan nya agar serangan yang menempel pada kulit dapat berkurang, ketika membasuh jangan biarkan air aliran nya mengenai bagian tubuh yang lain.

2. Lepas pakaian atau aksesoris yang terkena air keras 

Sambil korban dibasuh dengan air mengalir, dan apabila air keras juga mengenai pakaian atau perhiasan yang sedang dipakainya maka diusahakan untuk melepas objek tersebut dari tubuh yang terkena air keras. Lalu disarankan yang membantu proses ini harus menggunakan sarung tangan. 

3. Jangan tempelkan ES

Pada korban paparan air keras biasanya kulit mereka terasa panas seperti terbakar, oleh karena itu beberapa orang mungkin memiliki pendapat untuk meredakan gejala tersebut menggunakan es yang di tempelkan ke bagian yang terkena air keras.

4. Segera cari bantuan medis 

Yang satu ini paling di sarankan adalah, ketika terkena siraman air keras yang wajib anda harus cepat tentukan adalah pertolongan medis terdekat. Karena dokter tentunya akan lebih mengerti mengenai penanganan dan langkah yang akan di lakukan dalam memberikan pertolongan.

Load disqus comments

0 komentar